Senin, 20 Februari 2012

Menembus Lebatnya Taman Nasional Borneo

Taman Nasional Borneo - Oktomagazine.com
Hutan Borneo, daya pikat wisatawan
Balai besar Taman Nasional Betung Kerihun (BBTNBK) secara geografis terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Kawasan konservasi ini dikelola dengan sistem berbasiskan Resort yang tersebar di 4 (empat) sungai besar yang mengalir di dalam kawasan TNBK atau biasanya di sebut Sub DAS (Daerah Aliran Sungai), yaitu DAS Embaloh, DAS Sibau, DAS Mendalam dan DAS Kapuas. Dengan mengunjungi Kawasan TNBK kita disuguhi panorama alam yang indah, kearifan lokal budaya setempat dan petualangan yang sangat menantang, hebatnya lagi semuanya itu bisa kita nikmati dalam satu paket.
Panorama alam TNBK diminati wisatawan yang datang, hal ini disebakan karena kawasan ini mempunyai Hutan Hujan Tropis yang masih perawan yang tidak banyak terjamah oleh manusia. Di dalam kawasan ini kita bisa menikmati lebatnya hutan, indah sinar matahari yang menerobos lebatnya pohon-pohon. Lebih dari itu kita akan dibuat kagum dengan paduan suara bermacam-macam jenis burung yang berpadu manis dengan suara-suara primata dari pagi sampai malam.
Untuk kebutuhan yang lebih menantang kita bisa memilih Paket Wisata Gua (kombinasi wisata gua, sejarah dan antropolologi). Paket wisata arung jeram di hulu sungai kapuas yang liar dengan grade 3 - 5.
Kita juga bisa menikmati atraksi budaya dan kearifan lokal masyarat yang hidup di sekitar kawasan TNBK, masyarakatnya masih tinggal di rumah panjang yang biasanya disebut rumah betang. Pihak Taman Nasional sudah bekerjasama dengan masyarakat lokal dimana dalam rumah betang tersebut disediakan beberapa kamar kosong khusus bagi para wisatawan, jadi para wisatawan bisa ikut merasakan kehidupan masyarakat mulai dari mencari ikan menggunakan jala atau pancing, melihat mereka bercocok tanam bahkan sampai makan bersama-sama dengan masyarakat itu sendiri.
Para pengunjung juga bisa membeli berbagai macam souvenir seperti tikar anyaman dari rotan, sampai pakaian-pakaian adat masyarakat Dayak yang di buat dari hasil tangan mereka sendiri. Apabila kita berkunjung pada bulan juni kita bisa melihat pesta adat masyarakat Dayak yang hanya diadakan sekali setahun.
Semua atraksi yang sudah disebutkan di atas bisa dinikmati di dalam kawasan Taman Nasional Betung Kerihun dengan menggunakan perahu atau long boat, karena sungai adalah satu-satu nya jalur akses menuju kawasan. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung bisa langsung datang ke kantor Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun (BBTNBK) yang beralamat di Jl Pierre Tendean, Kompleks Kodim Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar