Selasa, 07 Februari 2012

Kepiting gua dari Malang Selatan

Kepiting gua yang ditemukan di salah satu gua di Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang ini telah menjawab rasa penasaran saya selama ini.
Setelah malam-malam berhasil mencapai gua di tengah hutan ini akhirnya saya yakin, dugaan saya selama ini benar, bahwa kepiting yang ada di Malang ini termasuk dalam Marga Karstarma yang selama ini di Pulau Jawa hanya dikenal satu jenis yang ditemukan di Gunungsewu yaitu Karstarma jacobsoni.
Kepiting dari marga Karstarma merupakan kelompok kepiting dengan nama marga yang baru diusulkan tahun 2007 oleh taksonom dari Singapura.
Marga Karstarma menaungi jenis-jenis yang umumnya ditemukan di daerah karst khususnya gua-gua seperti di Gunungsewu, Malang dan Maros di Sulawesi Selatan.
Jenis baru
Dugaan kepiting di salah satu gua di Malang ini dari Marga Karstarma berawal dari salah satu adegan di acara penelusuran gua di TV swasta yang menampilkan kepiting yang sedang berlari di lantai gua yang berlumpur.
Dari cara berlari, saya yakin jenis kepiting tersebut mirip dengan jenis yang ada di Gunungsewu.
Setelah mengkoleksi kepiting tersebut, akhirnya saya serahkan kepiting tersebut kepada ahlinya di Museum Zoologi Bogor yaitu Dr. Daisy Wowor yang juga pernah mempublikasikan dua jenis baru dari marga yang sama dari Pulau Waigeo, Raja Ampat.
Beliau meyakini berdasarkan bentuk alat kelaminnya sangat berbeda dengan jenis yang sudah dikenal dari Gunungsewu dan kemungkinan besar merupakan jenis baru.
Namun, untuk memastikan lebih lanjut beliau harus membandingkan dengan jenis-jenis lainnya yang sudah dikenal di Indonesia seperti dari Bali, Maros Sulawesi Selatan, Ambon dan Waigeo Papua.
Semoga dengan temuan-temuan jenis baru ini dari Pulau Jawa dapat mengingatkan para pemegang kebijakan bahwa karst di Jawa mempunyai nilai ilmu pengetahuan khususnya biologi yang sangat tinggi.
Sehingga sebelum mengambil langkah untuk mengeksploitasi hendaknya dilakukan survai menyeluruh sehingga diperoleh gambaran yang lengkap untuk pemanfaatan dan pelestarian dapat berjalan dengan baik.
Karstarma sp, kepiting gua dari Malang Selatan (Foto C. Rahmadi)
Klasifikasi
Sub Filum        : Crustacea
Kelas                  : Malacostraca
Ordo                   : Decapoda
Infra Ordo       : Brachyura
Famili                : Sesarmidae
Marga                : Karstarma
Advertisement

Tidak ada komentar:

Posting Komentar