Selasa, 07 Februari 2012

Melepas helm Caving: amankah?

O
Helm PETZL model terbaru
Ada hal yang menurut saya perlu didiskusikan lebih lanjut berkenaan dengan helm caving terutama pemakaian di dalam gua. Mungkin akan ada banyak pendapat dan bahkan mungkin pertentangan tentang bahasan kapan dan dimana helm caving harus dipakai.
Mungkin ada kelompok yang berpendapat helm caving mutlak dan selalu wajib dipakai di dalam gua, mungkin kelompok lain lagi berpendapat, helm caving pada saat tertentu bisa tidak dipakai di dalam gua. 
Lantas bagaimana kita perlu melihat dan memandang helm caving dalam aktivitas caving kita?
Saya memiliki pendapat pribadi yang mungkin bisa menimbulkan kontroversi, tapi sepanjang kita berdiskusi dan saling bertukar pikiran akan ada banyak manfaat yang bisa ditarik.
Helm adalah kebutuhan mutlak setelah penerangan jika kita berkegiatan di dalam gua? kenapa kita perlu helm? karena ada banyak bahaya yang bisa mengintai kita terutama di Luweng-luweng yang dalam dan collapse doline yang rentan batu jatuh.
Selain itu, helm juga diperlukan agar ketika kita beraktifitas jika lorong gua sempit dan rendah, kepala tetap terlindungi dan tidak terbentur secara langsung sehingga membahayakan diri.
Lantas kapan kita tidak perlu pakai helm ketika kita di dalam gua?
Tidak perlu pakai helm
Lorong gua vertikal berbeda dengan gua horisontal, dimana gua vertikal dimana lorong vertikalnya berpotensi menimbulkan bahaya karena batu jatuh dan lain-lain.
Tapi, di gua horisontal potensi batu jatuh relatif kecil jadi saya berpendapat ketika kita beristirahat melakukan penelusuran dan kita anggap lorong gua cukup aman, di saat seperti itu kita perlu melepaskan helm.
melepas helm: amankah?
Helm yang melingkar di kepala kita terutama yang model Explorer dengan Headlamp duonya relatif berat, jika kita melakukan penelusuran termasuk istirahat selama lebih dari 3 jam, otomatis kepala kita terbebani oleh helm dan lingkar kepala kita tertekan selama berjam-jam sehingga aliran darah tidak lancar di kepala.
Kadang ada beberapa teman yang mengeluh pusing ketika melakukan penelusuran gua.
Nah, di saat sperti ini kita perlu menentukan sikap apakah perlu melepas helm atau tidak?
Saya manganggap perlu ketika kita beristirahat untuk memberikan kesempatan kepada kepala untuk “bernapas” dan darah mengalir dengan lancar tanpa hambatan.
Ketika lorong dimana kita beristirahat cukup aman dan jauh dari potensi batu jatuh dan lain-lain, kita perlu memberikan kesempatan kepada kepala untuk terlepas dari helm.
Selain itu, jika kepala sudah pusing disebabkan misalnya oksigen yang minim, tentu saja keberadaan helm menjadi menambah beban yang bisa menyebabkan pusing yang lebih parah.
Jadi, ketika kita istirahat menurut saya perlu kita juga memberi istirahat kepada kepala untuk terlepas dari beban helm yang berat.
Caving aman menurut saya tidak serta merta membabi buta selalu mengenakan pengaman, tapi harus juga memberi kesempatan kepada anggota tubuh untuk mengalirkan darah dengan leluasa.
Helm adalah pengaman kepala dari benturan, batu jatuh dan lain-lain, dan jangan sampai helm menjadi beban bagi kepala kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar