Senin, 20 Februari 2012

Inilah Danau Unik dan Langka, Memiliki Laut di Dasarnya

Jauh di pedalaman Kalimantan Timur, dengan waktu tempuh 8 jam ( sekitar 250 kilometer ) dari Tanjung Redeb, ibu kota Kabupaten Berau  terbentanglah sebuah danau yang istimewa dan langka. Danau bening ini  istimewa karena memiliki laut di dasarnya. Laut di dasar danau? Benar, danau ini memiliki aliran air asin yang hanya ada di bagian bawah danau sementara air tawar berada di lapisan atasnya.  Sungguh hal yang langka terjadi di dunia.
foto : Yahoo!/Famega Syavira
Labuan Cermin, demikian nama danau tersebut  terletak di Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Jika dilihat di peta, letaknya tepat di punggung hidung Kalimantan. Tempat ini juga bisa ditempuh dalam tiga jam perjalanan laut dari Derawan.
Bagian atas Danau Labuan Cermin berisi air tawar seperti danau pada umumnya. Namun beberapa meter di bawahnya terdapat aliran air asin. Anehnya, kedua jenis air ini tidak tercampur. Secara kasat mata dapat dilihat bahwa air laut dan air tawar dipisahkan oleh lapisan serupa awan.  Ketebalan lapisan air tawar dan air asin ini bisa berubah sesuai dengan pasang-surut air laut.
Yang unik, karena memiliki dua jenis air, maka danau ini juga menghadirkan organisme dari dua dunia. Ikan air tawar hidup di permukaan, sedangkan ikan air laut bisa ditemukan di dasar danau.  Sayang belum ada yang melakukan penelitian di daerah ini sehingga terbentuknya fenomena ini masih menjadi misteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar