Senin, 19 Maret 2012

KEBUN RAYA BATURADEN



::: KONDISI UMUM :::

Pintu Gerbang Wana Wisata
Kebun Raya Baturaden berada di kaki Gunung Slamet Petak 1 dan 3, RPH Baturaden, BKPH Gn. Slamet Barat KPH Banyumas Timur dibatasi sebelah utara Petak 4 dan 5 hutan produksi terbatas, sebalah barat petak 2 hutan produksi terbatas, sebelah selatan petak 1 lokawisata Baturaden dan bumi Perkemahaan, sebelah timur petak 6  hutan produksi terbatas. Topografi mulai landai sampai berbukit dengan kemiringan 20% s/d 70% dan ketinggian + 600-750 m dpl dengan jenis tanah umumnya jenis latosol berwarna merah kecoklatan.

Suasana berkabut
Kebun Raya Baturaden terletak di Desa Kemutuk Lor, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas dan berada + 14 Km dari Kota Purwokerto, + 1,5 km dari gerbang utama Wana Wisata Baturaden.

Gunung Slamet
Keadaan suhu Kebun Raya Baturaden berkisar antara 20-30 derajat Celcius dengan curah hujan sangat tinggi (5.000-6.174 mm/th)
::: POTENSI FLORA :::
Kebun Raya adalah suatu tempat/wadah yang mempunyai fungsi utama sebagai lembaga konservasi yang melakukan usaha koleksi, pemeliharaan & penangkaran berbagai jenis tumbuhan dalam rangka membentuk & mengembangkan habitat baru, sebagai sarana perlindungan dan pelestarian alam dan dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan & teknologi serta sarana rekreasi yang sehat. Kebun Raya Baturaden kaya akan berbagai potensi flora sebagaimana fungsi Kebun Raya sebagai konservasi berbagai spesies tumbuhan. Jenis-jenis flora yang berada dalam kawasan Kebun Raya Baturaden yang telah diidentifikasi oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) adalah damar (Agathis borneensis), puspa (Schima wallichii), rasamala (Altingia excelsa), mahoni (Switenia macrophylla), kaliandra (Callyandra sp), paku-pakuan, kantong semar dan jenis-jenis anggrek. Jenis flora yang lainnya masih dalam identifikasi oleh LIPI sebagai yang bertanggung jawab dalam pengelolaan Kebun Raya di Indonesia. Adapun jenis-jenis flora berupa pepohonan yang dominan dapat ditemui adalah sbb :

Pohon Rengas (Gluta renghas)
Pohon rengas biasanya tumbuh di Sumatera dan Kalimantan, tapi di Kebun Raya Baturaden dapat dijumpai.

Palem Piji (Nenga pumila)
Jenis Palem yang langka dan pertama kali di temukan di Jawa Tengah

Jenis-jenis flora yang belum teridentifikasi tersebar tumbuh di tepi-tepi sungai-sungai kecil yang berasal dari Gunung Slamet
Disamping mengidentifikasi jenis-jenis pohon yang ada di Kebun Raya Baturaden, LIPI telah melakukan persemaian guna pengkayaan berbagai jenis tanaman baik yang berasal dari kawasan Kebun Raya, maupun jenis tanaman yang tumbuh di Gunung Slamet. Bahkan pihak LIPI telah mengembangkan pengkayaan jenis tumbuhan yang berasal dari Kebun Raya Bogor, Kalimantan dan Sumatera. Beberapa jenis bibit pengkayaan tanaman Kebun Raya Baturaden yang sudah siap tanam sebanyak 269 species yang masuk dalam 69 family antara lain sebagaimana terlihat  pada photo berikut :

Pohon Damar (Agathis borneensis).
Tanaman ini mendominasi tegakan yang berada di Kebun Raya Baturaden

Pohon Pinus (Pinus merkusii).
Pinus tumbuh diantara hutan damar yang berada di Kabun Raya Baturaden

Rotan Manau (Calamus manan)
Jenis tanaman ini tumbuh secara alam dan memperkaya jenis-jenis flora di Kebun Raya Baturaden

Tanaman Paku.
Tanaman ini banyak dijumpai di Kebun Raya Baturaden

Jenis tanaman bunga yang langka berada di Kebun Raya Baturaden diantaranya : Kantong Semar Merah Kelopak Kuning, Anggrek Tanah Warna Putih

Anggrek Tanah Kuning, Kantong Semar Putih Kelopak Merah, dan lain sebagainya yang merupakan salah satu ciri khas Kebun Raya Baturaden
::: POTENSI FAUNA :::
Kebun Raya Baturaden disamping kaya akan berbagai potensi flora juga terdapat jenis-jenis fauna yang hidup secara bebas. Berdasarkan hasil identifikasi sementara, terdapat jenis fauna seperti babi hutan, ayam hutan, kijang, kera, wau-wau, elang jawa, musang, ular dan jenis-jenis lainnya. Jenis-jenis fauna yang berada di kawasan Kebun Raya Baturaden tersebut menambah khasanah perbendaharaan potensi Kebun Raya Baturaden yang mungkin tidak dapat ditemui di Kebun Raya lainnya yang berada di Indonesia. Sebagian jenis fauna sebagaimana terlihat pada foto disamping.

Elang Jawa
::: AKSESIBILITAS :::
Kebun Raya Baturaden berada sebelah utara Kota Purwokerto dengan jarak tempuh +14 Km dengan kondisi jalan beraspal.
Assesibilitas menuju Kebun Raya Baturaden cukup tinggi karena telah tersedianya jalan beraspal menuju obyek wisata pemandian air panas Baturaden dan obyek wisata lainnya.
Dalam kawasan Kebun Raya Baturaden sudah terdapat Selter sebagai tempat peristirahatan.

::: RENCANA PENGELOLAAN :::
Sebagaimana Kebun Raya yang ada di Indonesia pembangunannya memerlukan waktu yang sangat panjang, demikian pula Kebun Raya Baturaden. Pembangunan dan pengelolaan Kebun Raya Baturaden akan dilaksanakan melalui kolaborasi management antara Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan Dephut, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Perum Perhutani dan Pemerintah Prov. Jawa Tengah. Dengan demikian diharapkan masing-masing Instansi/Lembaga tersebut dapat memberikan kontrbusi terhadap pembangunan dan pengelolaan Kebun Raya Baturaden sesuai kewenangan, tugas dan fungsi masing-masing. Pembangunan Kebun Raya Baturaden secara fisik dimulai pada tahun 2003 berupa Pengukuhan Kawasan yang selanjutnya berlanjut melalui tahapan-tahapan yang telah ditentukan.Tahapan pembangunan yang akan dilaksanakan antara lain :
  1. Pengukuhan kawasan
  2. Penyusunan site plan
  3. Penyusunan rencana pengelolaan
  4. Pembuatan desain fisik
  5. Penyusunan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)
  6. Pembibitan dan penanaman kebun koleksi
  7. Pembangunan sarana dan prasarana.
Tahapan pembangunan Kebun Raya Baturaden tersebut akan dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat terutama yang berada disekitar Kebun Raya Baturaden dan melibatkan seluruh stakeholder.

Kantor BKPH Gunung Slamet Barat sebagai kantor pengelola sementara
::: OBYEK WISATA SEKITAR :::
Obyek wisata sekitar Kebun Raya Baturaden merupakan obyek wisata yang telah lama dikenal masyarakat, baik masyarakat sekitar maupun oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Bahkan obyek wisata yang dikemas dalam paket Wisata Baturaden telah dikenal oleh masyarakat manca negara. Obyek wisata sekitar Kebun raya diantaranya adalah :

Obyek Wisata Sumber Air Panas Pancuran Tujuh Baturaden

Obyek wisata telaga sunyi Baturaden

Pemandangan Alam sekitar Baturaden
Fasilitas rekreasi keluarga Baturaden

Tidak ada komentar:

Posting Komentar